PENERIMAAN SAKRAMEN KOMUNI PERTAMA

Tasikmalaya, Minggu 26 Juni 2011 menjadi hari – hari yang istimewa bagi anak – anak usiasekolah dasar yang untuk pertama kalinya berhak menerima Komuni dalam Perayaan Ekaristi Minggu pagi, yang juga merayakan hari raya Tubuh dan Darah Kristus.

Perayaan Ekaristi dipimpin Pastor Yohanes A Cruce Christiono Hartanto, Pr dan melalui prosesi perarakan sebelum memasuki gedung Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tasikmalaya terpancar keceriaan, rasa gugup, malu – malu dari wajah anak – anak pagi itu.

Umat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi hari Minggu itu padat dan semarak dengan mengisi barisan tiap bangku yang ada hingga balkon atas Gereja.

“Banyak juga yang hadir”, ujar Pak Ijul sang fotographer dengan wajah kagum, dan tetap gesit setia membidik setiap momen – momen penting ketika dari sebelum, selama dan sesudah Perayaan Ekaristi berjalan.

Jumlah para penerima Sakramen Komuni Pertama sebanyak 23 orang anak, dan rata – rata usia sekolah mereka duduk dibangku minimal kelas 4 Sekolah Dasar sampai menengah.

Dalam Homilinya, Pastor Chris menekankan pentingnya makna dari Ekaristi, dimana saat – saat Tuhan hadir dan berbicara didalam pembacaan Firman Tuhanlah kita bisa menghadirkan dan berjumpa dengan Tuhan Yesus.

Bisa saja setiap hari tangan kita tidak bersih, mulut dan hati tidak bersih dari noda – noda dosa, tetapi dengan Perayaan Ekaristi Tuhan mau berjumpa dan menyapa kita yang kadang kala tidak menyadari bahwa Tuhan rindu untuk bertemu dengan kita.

Hari raya Tubuh dan Darah Kristus, menjadi bekal, berkat dan kekuatan hidup manusia untuk menjalani lika – liku perjalanan hidup yang kerap diwarnai dengan jatuh bangun.

Kita diajak untuk menanggapi sapaan dan kebaikkan Tuhan didalam Perayaan Ekaristi, dimana kita sebagai orang Katolik percaya dengan menerima Tubuh dan Darah Kristus menjadi daya Ilahi kekuatan hidup dan sumber – sumber berkat rahmat Tuhan dalam hidup kita masing – masing, dan sebagai anggota komunitas dimana kita berada.

“Kita tidak tahu, anak – anak yang hari ini menerima Sakramen Komuni yang pertama didalam hidup mereka akan menjadi apa kelak. Tetapi dengan doa – doa yang kita panjatkan pastilah Tuhan hadir dan dengan penuh Kasih menyertai perjalanan hidup mereka sampai pada waktunya berjumpa langsung dengan Tuhan masuk dalam kehidupan yang abadi”, pesan Pastor Chris yang menjadi penutup Homilinya pada Perayaan Ekaristi pagi itu.

Ada kesempatan didalam bagian prosesi Perayaan Ekaristi Hari Minggu itu, kepada para penerima Komuni Pertama untuk diperbolehkan berdiri mengelilingi mimbar altar dimana saat Imam memimpin Konsekrasi dan berdoa didepan altar.

Dan seusai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan foto bersama – sama dengan Pastor, orang tua masing – masing, dan ramah tamah di aula dalam Gereja Katolik Tasikmalaya yang sekaligus dibagikan surat yang menerangkan sudah menerima Komuni Pertama dan santap siang bersama dengan para Pembina, Pastor dan pengurus Lingkungan, Pengurus DPP Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya.

Bagi penerima Komuni Pertama yang berminat juga nantinya sudah bisa diperbolehkan menjadi putra putri Altar.

Selamat kepada para penerima Komuni Pertama, semoga tetap menjadi anak yang baik.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s