PERINGATAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN

Tasikmalaya, Rabu 2 November 2011. Pada hari ini kita diajak untuk mengenangkan mereka yang telah dipanggil Tuhan atau meninggal dunia: kakek/nenek, orangtua, kakak/adik, suami, istri, anak, sahabat dan kenalan. Maka pada hari ini pada umumnya juga diselenggarakan doa bersama atau Perayaan Ekaristi tak terkecuali di Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya. Sejak Pukul 19.00 WIB dengan cermat dan berurutan abjad nama bagi mereka yang sudah dipanggil pulang Bapa disurga dibacakan satu persatu, ada 502 nama yang dibacakan oleh petugas lektor hingga Pukul 19.30 WIB lalu Perayaan Ekaristi dimulai dan dipimpin oleh Romo Paroki, Romo Yohanes A Cruce Christiono Hartanto, Pr ditengah suasana hujan yang terus mengguyur kota Tasikmalaya hingga malam hari. Suasana yang cukup sejuk, menambah suasana hati dan pikiran “sendu haru” umat yang hadir untuk sejenak termenung mengenang dan mengingat kembali apa yang baik, mulia, luhur dan indah oleh mereka yang telah meninggalkan kita, para anggota dan kerabat keluarga, teman dan handai taulan.

Susunan letak foto – foto terpajang rapih berjejer dengan barisan lilin – lilin yang siap dinyalakan nanti pada upacara peringatan dalam Perayaan Ekaristi, untuk simbol dan tanda mengenang dan memohonkan dalam doa – doa yang tertuju bagi orang – orang yang terkasih didalam setiap relung – relung hati bagi keluarga yang ditinggalkan. Rasa haru, menitikkan air mata dan ucapan doa secara pribadi terdengar lirih bagi jiwa – jiwa orang yang terkasih, ketika mengiringi penyalaan lilin – lilin ketika satu persatu umat maju kedepan altar, tempat lilin sudah disiapkan.

Dalam homilinya, Romo Chris mengatakan ketika memperhatikan dari sejak siang tadi saat petugas mempersiapkan dan memajang foto – foto, ada foto yang tahun lalu tidak ada namun untuk tahun ini ada yang bertambah dengan foto – foto dari wajah yang baru. Lalu timbul pertanyaan yang terbesit dihati, kapan foto saya ada dipajang disitu?

Mungkin saja, ketika foto saya dipajang, akan dibawa oleh orang lain, entah itu kerabat, saudara, suami, atau istri, atau anak, atau cucu kita nantinya, dan semua foto – foto yang dipajang tersebut tentunya punya cerita masing – masing bagi keluarga yang pernah hidup bersama – sama, dan ada cerita yang mungkin saja tak terlupakan karena begitu berkesannya, begitu manisnya dan mungkin begitu buruk yang membekas dihati masing – masing anggota keluarganya yang ditinggalkan.

Dan momen – momen peristiwa demikianlah yang oleh Gereja untuk dikenang, dan didoakan bagi mereka jiwa – jiwa yang sudah berpulang oleh sanak keluarga yang masih ada didunia ini, karena mereka juga maka kita ada dan bagi masing – masing keluarga pernah mengukir cerita, peristiwa yang menjadi pernah berjasa dalam perjalanan hidup kita, betapapun mungkin saja jeleknya mereka.

“Gereja mendoakan, karena iman Katolik kita tidak percaya hidup menuju pada kebinasaan, tetapi menuju hidup yang baru, betapa besar kuasa tangan Tuhan dan kerahiman Tuhan yang melindungi manusia sekalian. Gereja mencintai, menyayangi mereka seperti Tuhan mencintai, menyayangi mereka juga”, kata Romo Chris memberikan peneguhan kepada umat Katolik yang datang malam itu.

About these ads

One response to “PERINGATAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN

  1. MEMANG HANYA GEREJA KATOLIK SAJA YANG SELALU BERDOA BAGI ARWAH ORANG2 YANG SUDAH MENINGGALKAN KITA PADA SETIAP DOA SYUKUR AGUNG DALAM PERAYAAN EKARISTI, DAN SECARA KHUSUS PADA MISA ARWAH TANGGAL 2 NOPEMBER. DAN INILAH SALAH SATU DARI ACARA2 YANG DISELENGGARAKAN OLEH GEREJA KITA.,
    SEBAB PARA ARWAH YANG MASIH DIAPI PENCUCIAN SELALU MENANTI DOA 2 KITA YANG MASIH TINGGAL DIDUNIA INI , AGAR MEREKA DAPAT SEGERA MASUK KERAJAAN SURGA YANG KEKAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s