NATAL LANSIA 2011, “MENGAJAK UNTUK BERDAMAI DAN BERSALAMAN”.

Hari Sabtu pagi di pekan pertama ditahun 2012, tepatnya tanggal 7 Januari 2012 komunitas Paguyuban Lansia Santa Monica Paroki dan Stasi – Stasi Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tasikmalaya mengadakan perayaan Natal bersama di aula Gereja Santo Yohanes Pembaptis Ciamis, Jawa Barat pada Pukul 09.00 WIB.

Suasana yang semarak dan dihadiri Ratusan para anggota Paguyuban Lansia Santa Monica Paroki Tasikmalaya, Stasi Ciawi, Stasi Ciamis, Stasi Banjar, Stasi Langensari, Stasi Nagaraherang diisi dengan foto bersama diawal acara, bernyanyi bersama – sama, menari bersama – sama dengan beberapa Stasi dan Paroki mengisi juga bermain Angklung, menyanyi bersolo, drama singkat tentang cerita kelahiran Yesus Kristus di kota Betlehem, dan disuguhkan juga permainan sulap yang dipersembahkan oleh Pak Arie, dari Lingkungan Santo Agustinus Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya.

Adapaun Pak Arie ini, selain bekerja disebuah Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Tasikmalaya juga memiliki pekerjaan lain, yakni sebagai entertain didunia sulap menyulap, dan beberapa kota – kota besar kerap didatanginya sebab beliau diundang bermain mengisi acara – acara dihotel dan tempat hiburan lainnya, juga memiliki anak didik dalam berlatih sulap sebanyak 25 orang.

Tentunya beberapa atraksi dimunculkan untuk menghibur para oma dan opa yang mengundang perhatian tersendiri, dan dirasa cukup unik. Hadir juga Ketua Pelaksana Harian DPP Paroki Tasikmalaya Bapak Robertus Chandra Wasiparwendo, Koordinator Bidang Keluarga dalam hal ini sie Pemberdayaan Lansia dokter Patricia Handiwijaya Maria Engeltrudis dan Romo Paroki Tasikmalaya, Romo Yohanes A Cruce Christiono Hartanto, Pr yang hadir memberikan renungan singkat atas makna perayaan Natal diacara temu bersama para anggota komunitas Paguyuban Lansia Santa Monica Paroki Tasikmalaya tersebut.

“Natal mengajak kita untuk berdamai dan bersalaman satu dengan yang lainnya. Natal pagi ini mengajak kita untuk berbagi damai dan akan menjadi sangat terasa bersedih hati jika saja kita hanya seorang diri, tidak ada teman, tidak ada sanak keluarga”, kata Romo Chris diawal sambutan dalam renungan singkatnya.

Bila mengucapkan hal – hal dan nama – nama yang baik, akan membawa kebaikkan pula. Maka dari itu, sangatlah  memiliki kuasa besar sebuah nama dalam makna dan pengucapannya.

Yesus yang lahir di kota Betlehem, menjadi tanda kesukaan besar bagi orang tua, dan manusia yang menanti – nantikan Sang Mesias, seperti seluruh keluarga menjadi merasa bahagia atas kelahiran seorang bayi yang sudah lama berbulan – bulan, berminggu – minggu dinantikan kelahirannya.

Dikatakan dalam Kitab Suci, ketika Yesus telah lahir datanglah orang – orang Majus dari Timur ke Yerusalem dan membawa persembahan berupa emas, kemenyan, dan mur yang menunjukkan Tuhan yang Mulia (persembahan berupa emas), sebagai perantara manusia dengan Allah dalam doa – doa yang kita panjatkan (persembahan berupa kemenyan), Yesus juga mau mati untuk kita, yang sangat mencintai kita sampai mati diatas kayu salib (persembahan berupa mur), demikian paparan Romo Chris mengenai makna dan simbol dari persembahan yang dibawa oleh ketiga orang Majus itu.

Perayaan Natal, merayakan Tuhan yang Mulia, Tuhan yang mencintai manusia.

Cinta Tuhan tidak pernah luntur, sekali cinta selalu mencintai yang menjadi sumber damai sejahtera, selamat Natal bagi kita semua, tutup Romo Chris.

Seperti yang diungkapkan dokter Patricia Handiwijaya Maria Engeltrudis dalam laporannya, bahwa sesuai dengan hasil sensus yang lalu atas perintah Keuskupan Bandung, bahwa para lansia yang ada di wilayah Paroki Tasikmalaya sebanyak 261 orang yang berasal dari Paroki Tasikmalaya 150 orang, Stasi Cipatujah 2 orang, Stasi Ciawi 30 orang, Stasi Pangandaran 4 orang, Stasi Nagaraherang 8 orang, Stasi Banjar 12 orang, Stasi Langensari 16 orang, Stasi Ciamis 38 orang.

Dan saat ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dan Pemerintahan Kota Tasikmalaya dalam hal ini perlindungan dibawah Bapak Walikota Tasikmalaya, sudah didirikan Klinik Lansia dengan dipimpin oleh dokter Patricia Handiwijaya Maria Engeltrudis yang beralamat di Jalan RE Martadinata nomer 216, Kota Tasikmalaya yang tidak memungut bayaran apapun, hanya dengan menunjukkan secarik KTP yang menjelaskan sudah masuk usia lansia minimal diatas 60 tahun, namun bila ada yang tergerak hati untuk sekedar membantu bagi pasien yang lainnya, juga sudah disediakan kotak kenclengan dan buka setiap jam kerja pada hari Senin sampai Jumat, demikian laporan yang disampaikan dokter Patricia Handiwijaya Maria Engeltrudis.

“Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan selamat kepada para bapak dan ibu sekalian yang sudah mau datang dengan semangat baru dan keberanian baru diawal tahun 2012 ini yang untuk senantiasa bersemangat datang dalam komunitas yang sudah ada ini. Inilah Ciamis, yang bisa diberikan Ciamis dalam mempersiapkan dan menjamu kita semua yang hadir pada hari ini, dalam acara Natal bersama”, ujar Ketua Pelaksana Harian DPP Paroki Tasikmalaya Bapak Robertus Chandra Wasiparwendo dalam sambutannya yang juga mewakili Ketua Stasi Ciamis Bapak Johny Lian yang berhalangan hadir.

Seperti biasanya dalam akhir acara bersama juga dituntaskan dengan doa penutup, bagi – bagi suvernir sebagai tanda kenang – kenangan yang sangat cocok dengan musim penghujan bulan Januari ini yaitu payung hujan dan tak lupa pastinya makan siang bersama – sama yang sudah disiapkan dengan menu lengkap mengenyangkan oleh Ibu – Ibu Stasi Santo Yohanes Pembaptis Ciamis.

 

 

 

This slideshow requires JavaScript.

About these ads

One response to “NATAL LANSIA 2011, “MENGAJAK UNTUK BERDAMAI DAN BERSALAMAN”.

  1. SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU BUAT SELURUH SAUDARA2KU DALAM TUHAN YESUS KRISTUS.
    TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA. , MARI KITA HADIRKAN YESUS DIDALAM HATI KITA MASING2. BIARLAH TANGAN TUHAN SENANTIASA MENUNTUN KITA KEJALAN-NYA…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s