YAYASAN KERIS NANGTUNG, “DITAKSIR ORANG GILA” WADUH BAGAIMANA RASANYA?

Menjadi kebiasaan yang tiap tahunnya dilakukan Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya, dengan melakukan kunjungan sosial ke beberapa tempat yang bergerak dibidang kegiatan sosial kemanusiaan masyarakat yang ada diseputaran Kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

Memang tak seberapalah apa yang bisa dibawa untuk menjadi bantuan yang tidak bisa memenuhi harapan banyak pihak namun dengan demikian inilah merupakan upaya untuk menyambung tali silahturahmi Paroki Hati Kudus Yesus Tasikmalaya keberbagai pihak yang bekerja dalam bidang sosial kemanusiaan.

Rabu pagi Pukul 10.00 WIB seperti yang sudah direncanakan akan pergi menuju sebuah yayasan Keris Nangtung yang sebagai organisasi sosial/penyelenggara sosial yang melaksanakan “Panti Rehabilitasi Sosial Cacat Mental/Eks Psychotik” dari jalanan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Kami bersama dengan Romo Paroki Romo Yohanes A Cruce Christiono Hartanto, Pr, Frater Adi dan beberapa umat simpatisan dan pengurus sie sosial ekonomi Paroki Tasikmalaya berniat menyerahkan bantuan beras dan mie instant.

Dengan lokasi yang berada di bekas terminal lama Cilembang Kota Tasikmalaya, tempat menampung 87 orang penderita gangguan jiwa berada, dan tidak bisa dibayangkan bagaimana tempatnya untuk menampung orang – orang sebanyak itu. Sebab apa?

Bagaimana tidak, dengan menempati bangunan kumuh bekas kios di terminal lama Kota Tasikmalaya, Jalan By Pass Ir H Djuanda, mereka menempati bekas kios – kios yang dahulu dipakai untuk berjualan warung nasi, kios makanan minuman ringan, wartel, loket karcis bus dan lain sebagainya yang masih bisa dipakai untuk sekedar berteduh dari hujan dan panas. Cukup memprihatinkan memang ketika melihat tempat yang sudah lapuk dan berantakan karena bekas terminal lama yang sudah terbengkelai, namun dari awal niat yang baik bantuan yang dibutuhkan untuk memberi makan para penderita, tidak pernah putus – putusnya mengalir dari berbagai pihak donatur yang menaruh kepedulian dan melihat langsung lokasi penampungan rehabilitasi tersebut, tutur  Teh Ai Siti Zaenab istri dari Kang Dadang pengurus yayasan Keris Nangtung yang sedang nampak menggendong seorang balita yang berusia beberapa bulan dan balita tersebut lahir dari salah seorang wanita penderita gangguan mental yang sedang tinggal disitu dan karena dulunya bekerja di jazirah Arab lalu hamil diluar nikah dan sudah menjadi depresi berat sekembalinya ke tanah air.

Entah siapa dan lelaki mana yang telah menodai dua wanita tak sehat mental tersebut. Yang jelas, kedua bayi dan masing-masing ibunya saat ini dirawat di panti Yayasan Keris Nangtung di komplek eks Terminal Cilembang, Kota Tasikmalaya.
Di bawah perawatan Yayasan Keris Nangtung, bayi-bayi tersebut kini dalam keadaan sehat. Sedangkan ibu dari masing-masing bayi kini berbaur dengan sekitar 87 penderita gangguan jiwa lainnya yang ditampung di yayasan tersebut.

Semua yang ada di sini tidak ada titipan, tapi diambil dari pinggir-pinggir jalan, termasuk kedua perempuan yang melahirkan bayi tersebut,” ujar Kang Dadang pengurus Yayasan Keris Nangtung.
Saat diambil dari jalan kedua wanita tersebut sudah hamil.
“Yang satu kita temukan di Terminal Indihiang dan yang satunya lagi kita ambil dari sekitar Pasar Cikurubuk. Kalau tidak dibawa ke sini, mereka bisa melahirkan di mana saja dan saya sangat khawatir dengan anaknya yang dilahirkan,” ujar Kang Dadang lagi.

Ada dua balita yang kini masih berusia dibawah satu tahun, yang berasal dari wanita penderita gangguan mental yang dari 87 orang penderita, sebagian besar adalah wanita.

Dan sebagian besar penghuni berasal dari luar kota Tasikmalaya yang terdampar di Tasikmalaya.

“Pernah ketika usai kami diwawancarai dalam acara Kick Andy, Metro TV lalu keesokkannya justru bertambah banyak lagi orang – orang gila yang berkeliaran diseputaran Kota Tasikmalaya”, papar Kang Dadang yang keluar dari pekerjaannya yang sudah mapan sebagai karyawan bagian Prokiting di PLN Jabar.

Dan dari niat yang tulus, juga ingin merubah hidup kelam yang dulunya banyak punya musuh disana – sini, rasanya tidak tega ketika melihat mereka berkeliaran di mana – mana dan sedang mengais – ngais sisa makanan yang bahkan sudah ada belatungnya.

“Mereka itu juga khan manusia, masa seperti itu? Rasanya tidak tega melihatnya”, tandas Kang Dadang yang juga dikenal sebagai jawara dilingkungannya.

Saat kami sedang berbincang – bincang salah satu wanita penderita gangguan mental yang sudah hampir sembuh, yang dari tadi duduk selalu berdekat – dekatan dengan rombongan rupanya menyukai salah satu dari kami yang usianya paling tua diantara kami semua. Kontan saja menjadi bahan sendau gurau sejenak ketika melihat kejadian yang lucu tersebut, dan tertawa terpingkal – pingkal si bapak yang ditaksir wanita yang hampir sembuh itu.

Yayasan Keris Nangtung didirikan tahun 2008 atas prakarsa Taofik Ahmad Rifai, Dadang Heriadi dan Rofi.  Didasari atas keprihatinan ketiga pendiri tersebut melihat banyaknya penderita cacat mental, gangguan jiwa yang berkeliaran di jalanan sekitar Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

Pada saat awal berdiri Yayasan Keris Nangtung menempati sebuah tempat di kawasan Rancamaya di wilayah Kota Tasikmalaya. Hingga kemudian berpindah karena mendapat pengusiran dari pemilik tanah dan bangunan yang lama, lalu menempati bangunan di kawasan Kompleks eks Terminal Cilembang sekarang ini.

Dan Berikut ini adalah cara menjadi Donatur.

1. Melalui Transfer Bank :

Bank  Mandiri

Cabang Tasikmalaya

No. Rek. 1310 0100 4187 1
A.n. Taofik Ahmad Rifa’i

 

Bank BJB

Cabang Tasikmalaya

No. Rek. 0014410899100
A.n. Taofik Ahmad Rifa’i

Mohon sebelumnya konfirmasi lewat telpon/sms

 

2. Tunai / Langsung ke Sekretariat

Sekretariat :

Komplek Eks Terminal Cilembang

Kel. Linggajaya Kec. Mangkubumi

Kota Tasikmalaya 46183

e-mail          :   ykn.kerisnangtung@yahoo.co.id

No. HP.        :  081 220 335 435

Mohon sebelumnya konfirmasi lewat telpon / sms.

 

3. Dititipkan Melalui Pengurus.

Untuk anda yang berada diwilayah Kabupaten/Kota Tasikmalaya dan sekitarnya jika anda bermaksud untuk menyerahkan donasi, dapat menghubungi Pengurus yang akan menjemput donasi anda.

This slideshow requires JavaScript.

About these ads

One response to “YAYASAN KERIS NANGTUNG, “DITAKSIR ORANG GILA” WADUH BAGAIMANA RASANYA?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s